Token Listrik Prabayar

Token Listrik Prabayar

Token Listrik Prabayar

Token Listrik Prabayar adalah kode angka berderet secara acak sebanyak 20 deret sebagai sarana mengisi tambahan daya PLN Prabayar. Di jaman serba digital ini PLN sebagai pengembang serta penyedia tenaga listrik untuk semua wilayah negara Indonesia. Mereka tidak mau berhenti dan puas hanya dengan menggunakan baca meter analog sebagai acuan tagihan pemakaian listrik kepada pelanggannya. Hal ini dibuktikan dengan diupdatenya pembacaan pemakaian listrik pelanggan dengan tegnologi digital juga. Meter listrik prabayar solusinya.

"<yoastmark

Sebagai sumber penerangan yang efektif dan efisien listrik menjadi kebutuhan yang sangat penting. Saat ini hampir disetiap perumahan dikota ataupun daerah, penggunaan token listrik prabayar sudah menjamur. Jenis listrik dengan sistem prabayar ini memang menjadi rekomendasi oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal ini karena penggunaannya yang mudah dan untuk menggunakannya para konsumen hanya perlu beli token listrik dan mengisikannya ke mesin yang dimiliki. Sistem ini hampir serupa dengan pengisian pulsa untuk telepon seluler. Hanya dengan memasukkan sejumlah kode token lalu listrik sudah dapat dinikmati.

Lantas, bagaimana dengan keuntungan dan kelemahan dari penggunaan token listrik atau prabayar ini? Bagaimana perbandingan antara listrk prabayar dengan listrik pascabayar yang dibayarkan dalam periode satu bulan. Untuk listrik prabayar terdapat beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kelemahan, dilihat dari sudut pandang kenyamanan bagi konsumen dan juga keamanan.

Keunggulan Listrik Prabayar

Kabarnya listrik prabayar ini dianggap lebih murah dan lebih irit. Pasalnya dengan penggunaan pulsa listrik maka konsumen dapat mengontrol sendiri penggunaan listrik yang digunakan. Dengan kata lain listrik pintar ini mengajarkan kita untuk lebih hemat listrik. Tidak perlu membayar denda jika telat bayar tagihan. Dikarenakan menggunakan token listrik atau pulsa maka tidak ada sistem denda dan tagihan pembayaran.

Jika anda merasa kurang percaya dengan sistem pencatatan listrik maka penggunaan token adalah solusinya. Karena untuk mengisi setrum listrik menggunakan token maka hanya anda sebagai konsumen yang paham kondisinya kuota listrik anda.

Mudah dan aman karena sudah banyak tersedia konter penjualan token listrik prabayar. Nomor token yang Anda beli hanya dapat digunakan di mesin meteran yang Anda miliki karena sudah terintegrasi dengan nomor meter yang didaftarkan. Penggunaan listrik prabayar juga memberikan keamanan bagi para konsumen karena jika instalasi kabel bermasalah maka akan muncul notifikasi atau peringatan pada mesin kWh meter, sehingga anda dapat langsung menangani hal tersebut.

Kekurangan Listrik Prabayar

Kamu harus siap jika tiba – tiba kuota listrik kamu tinggal sedikit maka mesin listrik prabayar atau meteran kWh akan berbunyi nyaring tandanya kamu perlu beli token listrik untuk mengisi kuotanya kembali. Karena sistem pengisian daya mirip dengan pembelian pulsa maka hanya Anda sendirilah yang dapat melakukan pengecekkan dan kontrol pengisian token listrik.

Di beberapa daerah mesin meteran listrik prabayar masih mengalami masalah karena token yang dimasukkan tidak mengisi daya listrik padahal nomor token dan nomor meter sudah dipastikan benar. Sementara itu jika kamu masih menggunakan listrik pascabayar maka tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa hal berikut sebagai informasi tambahan, yuk simak bersama – sama.

Keunggulan Listrik Pascabayar

Listrik akan selalu tersedia sampai tenggat waktu pembayaran di akhir periode satu bulan. Pengecekkan rutin yang dilakukan petugas resmi PLN memberikan rasa aman dengan sensasi lain karena langsung ditangani oleh pihak PLN. Anda tidak perlu khawatir jika listrik sewaktu – waktu akan mati kecuali terjadi pemadaman listrik.

Kekurangan Listrik Pascabayar

Apabila ada penunggakan listrik yang melewati batas dan telat bayar tagihan maka akan otomatis dipadamkan oleh PLN. Pengguna akan dibebankan biaya admin dan pajak walaupun listrik tidak digunakan atau tidak ada peralatan elektronik yang mengkonsumsi listrik. Anda selaku konsumen tidak dapat melakukan pengontrolan pemakaian melalui meteran secara langsung dengan melihat sisa kWh seperti pada listrik prabayar

Itulah keunggulan dan kelemahan listrik prabayar dan pascabayar, Anda akan menemui keunggulan dan kelemahan masing – masing dari dua sistem instalasi listrik yang digunakan.