rekening listrik

Melayani Pembayaran Rekening Listrik

Pembayaran Rekening Listrik

Pembayaran rekening listrik sekarang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Anda tidak perlu antri di loket-loket PLN dan KUD seperti 5 tahun yang silam. PT PLN sebagai penyedia dan pendistribusi tenaga listrik ke seluruh pelosok negri selalu berusaha mengembangkan system dan sumber daya. Selain perkembangan sumber daya listrik, PLN juga mengembangkan insfratruktur teknologi komputer.

Pembayaran Rekening Listrik
Images by Adi

Sejarah pembayaran rekening listrik PLN pada awalnya hanya bisa dilakukan pada loket-loket PLN di masing-masing wilayah secara offline. Pada saat itu data besar tagihan dikumpulkan pada beberapa komputer masing-masing loket pembayaran yang berada di kantor-kantor PLN dan beberapa loket yang ditunjuk oleh PLN (Saat itu KUD). Dengan basis aplikasi desktop komputer akan mengeluarkan data pembayaran kepada pelanggan saat operator akan melunasi tagihan pembayar. Sistem ini adalah awal dimana PLN sudah menggunakan teknologi komputer berbasis aplikasi desktop. Sistem ini kekurangannya adalah pelangan dari luar wilayah layanan PLN Unit tertentu tidak bisa melayani pembayaran dari unit lain.

Sejalan dengan perkembangan dan tuntutan teknologi, PLN perlahan mengembangkan system pembayaran offline tersebut menjadi semi online. Yakni dengan insfratrukture jaringan komputer nirkabel data base jumlah tagihan pelanggan diakses melalu WiFi pada server masing-masing unit PLN. Pekerkembangan tersebut memungkinkan bagi para pelanggan untuk membayar tagihan listriknya lintas unit PLN. Misal Pelanggan Unit PLN Kecamatan Sukodono Sidoarjo bisa melakukan Pelunasan di Area Unit PLN Porong. Dengan system tersebut saat itu mampu dikembangkan hingga pembayaran lintas Area Pelayanan Jaringan Lintas Kabupaten.

Tepat pada tahun 2009 perkembangan pembayaran PLN naik menjadi istilah PPOB (payment point online banking). Sistem ini adalah dimana Bank adalah sebagai pihak ke dua yang bertanggung jawab mengelola pembayaran rekening PLN. Pihak Bank akan menggunakan pihak ke 3 sebagai penyelenggara infratruktur baik jaringan maupun aplikasi. PPOB ini sudah menggunakan aplikasi online jalur internet, sehingga pelanggan dari kota manapun dan propinsi manapun bisa melakukan pelunasan tagihan listriknya.

PPOB Griyabayar Bank BTN adalah penyelenggara resmi pembayaran listrik online. Anda tertarik untuk bisnis pembayaran online multi biller silahkan melakukan pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya.