PDAM Maros

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Maros

PDAM Maros

PDAM Maros pada musim kemarau yang melanda beberapa wilayah di Sulsel, membuat stok air bersih berkurang. Apalagi musim kemarau diprediksi akan berlangsung hingga Desember mendatang. Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bantimurung Maros, Abdul Baddar menuturkan, sejauh ini ketersediaan air bersih masih aman, hingga September mendatang.

PDAM Maros
Images by Gentang

“Sejauh ini untuk beberapa wilayah yang dijangkau air PDAM Maros, maka stok air bersih masih aman. Walaupun memang ada beberapa wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih,” jelasnya. Hal itu disebabkan debit sumber air PDAM Maros mengalami penurunan akibat kemarau panjang. Meski tidak berdampak secara langsung, tapi hal itu mempengaruhi jumlah air yang dipompa. Namun jika sampai Oktober tidak ada hujan, maka Maros akan mengalami krisis air bersih.

Hal itu disebabkan debit sumber air PDAM Maros mengalami penurunan akibat kemarau panjang. Meski tidak berdampak secara langsung, tapi hal itu mempengaruhi jumlah air yang dipompa. Sumber air di IPA Bantimurung Maros hanya mampu memompa sekitar 120 liter per detik. Sementara di Bendung Lekopancing Tompobulu hanya 90 liter per detik. Pengambilan air dari Bendung Lekopancing melayani empat kecamatan, yakni Turikale, Mandai, Marusu dan Tanralili.

Ditengah persediaan sumber baku air yang kian menurun, PDAM Maros terus berupaya mencari sumber baku dari daerah lain. Perusahaan juga sudah berupaya untuk mendatangkan air dari luar daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Semoga ada terobosan sumber baku baru untuk wilayah Maros supaya pengembangan sesuai harapan kita semua.

Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Maros terus berupaya melakukan perkembangan untuk devisi IT nya. Kini Perusahaan daerah air minum tersebut bekerja sama dengan PPOB Griya Bayar Bank BTN sebagai perantara pelunasan pelanggan. Pelanggan PDAM kabupaten Maros sekarang bisa membayar tagihan PDAM dari seluruh loket Griya bayar online. Pelanggan tidak perlu antri di loket PDAM setempat. Mereka bisa melakukan pelunasan pemakaian air dari mana saja selama ada loket pembayaran online PPOB Griya Bayar Bank BTN.