PDAM lamongan

PDAM Lamongan

PDAM Lamongan

PDAM Lamongan didirikan untuk melayani kebutuhan air bersih wilayah kabupaten Lamongan. Dengan kondisi alam Lamongan yang sebagian besar kering dan tandus, maka sudahlah barang tentu PDAM sangan dibutuhkan. Dengan banyak permintaan dan kebutuhan tersebut PDAM Kabupaten lamongan senantiasa selalu mengembangkan insfratrukturenya.

PDAM Lamongan
Images by Ani

Pembangunan Instalasi Pengolah Air (IPA) baru PDAM senilai Rp 86, 3 miliar di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan bakal rampung Agustus tahun ini. Saat ini, pengerjaan proyek sudah mencapai 80 persen. Direktur PDAM Lamongan M Maksuk, Senin (07/07/2014) melalui Kabag Humas dan Infokom Mohammad Zamroni mengungkapkan, IPA yang baru itu akan digunakan untuk distribusi air bersih ke Kota Lamongan, Deket, Perum Graha Indah di Desa Tambak rigadung hingga ke Sidomukti di Kota Lamongan wilayah selatan.

Sementara sumber air bakunya sendiri diambil dari Sungai Bengawan Solo yang berada di Kecamatan Babat. Air baku tersebut dibawa melalui jaringan pipa baru ukuran 600 mm yang sudah rampung dibangun. Jaringan pipa tersebut dibangun melalui anggaran pemerintah pusat sebesar Rp 76 miliar dan tambahan anggaran Rp 10,3 miliar dengan kapasitas 200 liter per detik yang mampu melayani 8.000 pelanggan.

Sementara saat ini pelanggan PDAM di Kota Lamongan dan sekitarnya ada 5.000 titik. “Dengan adanya pipa baru tersebut, PDAM bakal mampu memenuhi kebutuhan air bersih warga Kota Lamongan dan sekitarnya dengan tekanan maksimal. Selanjutnya aliran air ke rumah warga bisa lancar tanpa harus memakai pompa lagi. Ini terutama untuk keran yang dekat dengan meteran,” ungkapnya. Sedangkan pipa yang lama tetap akan difungsikan. Terutama untuk melayani pelanggan di wilayah Perumnas Made, Turi, Sukodadi, Sekaran, dan Babat.

Dengan perkembangan perpipaan dan sumber baku yang terus dikembangkan, maka tidak mau ketinggalan juga untuk teknologi informasi. PDAM Lamongan juga mengembangkan pelayanan pembayaran online bank atau PPOB. Bank BTN selaku bank di dipercaya oleh PDAM Kabupaten Lamongan sebagai perusahaan penyedia dan penyelenggara bisnis online payment point bank dengan nama Loket PPOB Griya Bayar akan melayani masyarakat untuk proses pelayanan pembayaran tagihan PDAM Kabupaten Lamongan.