Palopo

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kota Palopo

PDAM Kota Palopo

PDAM Kota Palopo atau Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palopo berhasil menembus pelanggan sebanyak 30.200 unit SL. Akhir tahun 2015 lalu, jumlah pelanggan hanya 28.565 unit. Tahun ini, Direktur PDAM Palopo, H Yasir SE MM Ak menargetkan pelanggan baru bertambah sebanyak 3.500 unit.

PDAM Kota Palopo
Images by Ananda

Bocoran yang dihimpun Palopo Pos, dengan jumlah pelanggan diatas 30 ribu, PDAM Palopo telah memenuhi syarat untuk naik kelas dari kelas rendah menjadi kelas sedang. Itu berarti, jabatan direksi akan bertambah pula. Jabatan direktur akan naik jadi direktur utama dan jabatan manajer naik menjadi direktur.

Namun Yasir dalam sambutannya pada kegiatan Syukuran Atas Capaian Prestasi PDAM Palopo Selama Ini di pelataran PDAM Palopo, Kamis, 6 Oktober 2016 siang kemarin, menyatakan, PDAM Palopo ke depan akan memfokuskan pada penguatan kelembagaan, terus melakukan pembenahan infrastruktur untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini terlihat dengan upaya yang dilakukannya dengan terus menjalin komunikasi dengan sejumlah pihak baik pada pemerintah maupun pelanggan.

Diungkapkan pula, selama ini program yang dicanangkannya berfokus pada pembenahaan pelayanan dan melakukan perbaikan infrastruktur. Terbukti, sejumlah infrastruktur telah dibenahi, seperti yang tengah berjalan saat ini pihaknya mengembangkan satu instalasi baru di batu papan dan pembangunan intake baru dari disejumlah titik di lokasi yang sama. “Banyak yang telah kita benahi, untuk itu kita berkumpul sebagai perwujudan rasa syukur,” ungkapnya.

Terlebih kata Direktur PDAM dua periode tersebut, utang yang sejak tahun 1993 sebesar 9,3 miliar per tanggal 13 September lalu telah dihapuskan. “Utang PDAM sejak 93 yang berbunga-bunga telah dilunasi lebih cepat dari jadwal,” ungkapnya.

Perkembangan Pelanggan

Indikatornya pun dinilai berhasil dan memenuhi syarat dihapuskannya pinjaman tersebut. Ditambah jumlah pelanggan terus bertambah dimana saat ini telah mencapai 30.200 pelanggan dan kembali menargetkan tahun ini sebesar 3.500.

Diperiode ini, ia tengah memfokuskan untuk penguatan kelembagaan, “Infrastruktur pelan pelan kita bangun dan sudah banyak yang kita lihat, saat ini kita melakukan penguatan kelembagaan, menjaga silaturahmi,” ujarnya.

Menandai hal itu pihaknya mengundang sejumlah pensiunan PDAM Palopo termasuk Mantan Direktur PDAM Palopo, Nurlan Baslan dalam acara silaturahmi. Ia meminta agar hubungan silaturahmi untuk tidak terputus. Ia menyadari bahwa sejauh ini sejak berdirinya PDAM pada tahun 1978 dan beroperasi tahun 1980 ini telah banyak menunjukkan progres yang gemilang. Dan itu tidak lepas dari upaya para senior. Ia mengajak para pendahulu agar terus menjadi bagian dari PDAM.

“Saya mengajak para senior untuk terlibat di Koperasi, agar bisa terjalin dengan baik,” jelasnya. Dimana Koperasi PDAM saat ini telah masuk dalam induk Perpamsi dan rutin melakukan RAT serta ada sisa hasil usaha ang bisa dimanfaatkan oleh para anggota.

Kegiatan ini dihariri Sekda Kota Palopo selaku Ketua Dewan Pengawas PDAM Palopo, Sekretaris Dewan Pengawas, Anggota Dewan Pengawas, Direktur PDAM H. Yasir beserta jajarannya, mantan Direktur PDAM Kota Palopo H. Andi Nurlan Baslan serta beberapa pensiunan PDAM Kota Palopo, Ketua DWP PDAM Kota Palopo beserta jajarannya serta seluruh Karyawan (I) PDAM Kota Palopo.

Rangkaian acara diawali dengan makan siang bersama dilanjutkan dengan shalat lohor berjamaah di masjid nurul tirta PDAM Kota Palopo. Ba’da lohor acara dilanjutkan dengan tausiah singkat yang disampaikan oleh Ust. Rusmin, dan diakhiri dengan penyerahan cenderamata oleh Direktur PDAM Kota Palopo pada Mantan Direktur PDAM H. Andi Nurlan Baslan dan seluruh pensiunan PDAM Kota Palopo yang hadir kesempatan itu.