PDAM Kota Malang

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kota Malang

PDAM Kota Malang

PDAM Kota Malang berdiri sejak tanggal 31 Maret 1915 yang didirkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Saat itu masih dengan nama “Water Leideng Verordening” Kota Besar Malang. Didirikan perusahaan tersebut bertujuan untuk melayani kebutuhan air minum bagi sebagian kecil penduduk Kota Malang.

pdam-kota-malang

Luas wilayah pelayananannya diperkirakan seluas Kecamatan Klojen. Dengan memanfaatkan sumber air baku dari mata air Binangun sebesar 184 l/det dan Sumbersari sebesar 40 l/det. Pengelolaan “Water Leideng Verordening” ditangani oleh dua instansi. Yaitu Dinas Pekerjaan Umum Daerah yang menangani bidang teknik dan Dinas Pendapatan yang menangani bidang administrasi dan keuangan.

Berdasarkan Peraturan Daerah No 11 Tahun 1974 tanggal 18 Desember 1974, unit air minum tersebut berganti nama dan status menjadi Perusahaan Daerah Air Minum yang berbadan hukum sebagaimana diatur dalam UU No 5/1965 mengenai Perusahaan Daerah. Peraturan Daerah ini diperbaharui dengan Peraturan Daerah No 2 Tahun 1984.

Berdasarkan Peraturan Daerah No 10 Tahun 1999 Tanggal 19 Juni 1999, bentuk badan hukum PDAM Kota Malang berubah dari Perusahaan Daerah menjadi Perseroan Terbatas (PT) dengan nama “PT. Air Minum Malang Kucecwara” dengan masa transisi dari PD menjadi PT selama dua tahun. Akan tetapi sampai perubahan status tersebut sampai saat ini belum dapat direalisasikan.

Kini PDAM Kota Malang sudah semakin berkembang baik infrastruktur, pelanggan, kwaliras dan system informasinya. Menjawab tuntutan jaman yang serba digital dan modern ini, PDAM Malang tidak mau ketinggalan. Untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang pembayaran para pelanggan PDAM Kota Malang berkerja sama dengan PPOB Griya Bayar Bank BTN.

PPOB Griyabayar Bank BTN adalah perusahaan penyelenggara bisnis loket pembayaran resmi mitra Bank BTN. Loket pembayaran online Griya Bayar tersebar sesluruh daerah baik kota maupun desa. Griya bayar juga memberikan kesempatan peluang usaha bagi masyarakat yang berminat bisnis pembayaran online. PPOB griya bayar melayani pembayaran PLN Paska bayar, Penjualan pulsa token listrik pra bayar, PDAM, Fianance dan sebagainya. PPOB Griya Bayar Bank BTN memberikan fee yang kompetitif dengan aplikasi yang mudah untuk dioperasikan.