PDAM Kabupaten Cianjur

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kabupaten Cianjur

PDAM Kabupaten Cianjur

PDAM Kabupaten Cianjur pertama kali di kelola oleh Water Versreeling Vorziening sejak tahun 1923. Pada tahun 1930 pengelolaan tersebut diserahkan kepada perusahaan swasta bernama Nelmi. Kemudian kepada Regent Schap Wergen.

PDAM Kabupaten Cianjur
Images by Sulis

Kemudian sejak tahung 1949 sampai dengan tahun 1973 dikelola oleh dinas pekerjaan umum. Selanjutnya diserahkan kepada dinas air minum daerah tingkat II kabupaten Cianjur pada tahun 1976. Status PDAM kabupaten Cianjur [Perusahaan Daerah Air Minum] yang semula sebagai Dinas Daerah berubah menjadi Badan Hukum sesuai dengan Peraturan Daerah tingkat II Kabupaten Cianjur. PERDA No 3/HUK/021.0/1975 Tanggal 22 Januari 1975 tentang pendirian perusahaan air minum PDAM Kabupaten Cianjur.

Tujuan pendiriannya adalahuntuk turut serta melaksanakan Pembangunan daerah khususnya dan Pembangunan ekonomi nasional. Umumnya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan dan memenuhi kebutuhan rakyat serta ketenangan kerja dalam Perusahaan menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.

Intensitas pemenuhan akan kebutuhan air bersih yang dikalola Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mukti di Kabupaten Cianjur sangat tinggi. Sejalan dengan tumbuh dan berkembangnya perumahan, pemukiman, terjadinya peningkatan jumlah penduduk. Serta meningkatnya pula keperluan air bersih untuk keperluan sehari-hari, juga relatif cukup tingginya tingkat kerusakan atau kebocoran akan pipa saluran air bersih PDAM ini. Bahkan hingga sekarang belum semua warga dapat menikmati air bersih secara layak. Tidak semua warga memiliki saluran air bersih/ PDAM, pada hal penyediaan air bersih untuk kehidupan sehari-hari bagi manusia sangat penting.

Karenanya air sebagai kebutuhan pokok makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan sebagai wujud pemenuhan akan kelangsungan hidupnya. Harus tersedia air dalam bentuk cair agar manusia dan makhluk hidup lainnya yang tidak hidup dalam air. Senantiasa bisa mencari tempat tinggal dekat air untuk mudah memanfaatkan dan mengambil air sebagai keperluan hidupnya. Maka upaya akan pemenuhan kebutuhan air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Mukti semakin stabil alirannya.

Seiring dengan tuntutan pelayanan dan kemudahan, kini PDAM Cianjur berkerja sama dengan PPOB Griya Bayar Bank BTN untuk melayani pembayaran rekening di berbagai daerah.