PDAM Kabupaten Blitar

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kabupaten Blitar

PDAM Kabupaten Blitar

PDAM Kabupaten Blitar didirikan dan dikelola oleh pemkab Blitar untuk melayani kebutuhan air minum dan air bersih masyarakat sekitar. Dari tahun ketahun kawasan Blitar Selatan termasuk wilayah Kecamatan Wonotirto selalu dilanda kekeringan. Berbagai upaya ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Blitar agar warga di wilayah ini tidak kesulitan mendapatkan  air bersih. Misalnya dengan mengirim air dengan tangki air.

PDAM Kabupaten Blitar
Images by Ananda

Pihak PDAM Kabupaten Blitar juga berupaya untuk mencari sumber air dengan cara pengeboran dibeberapa titik. Hasilnya, air bisa mengalir 30 liter/detik selama 24 jam. Asumsinya bisa menghidupi sekitar 12 sampai 14 ribu jiwa.  Selain itu, meningkatkan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut. Pasalnya, Kecamatan wonotirto juga merupakan satu diantara wilayah dengan jumlah peternak yang cukup banyak. Bahkan sebagai penghasil cabe merah terbesar di Kabupaten Blitar. Dengan air yang melimpah, usaha peternakan dan pertanian juga lancar.

Bupati Kabupaten Blitar Meresmikan PDAM Unit Wonotiro

Direktur PDAM Kabupaten Blitar, Basuki Agus Riono mengungkapkan, tujuan diresmikannya PDAM Unit Wonotirto. Antara lain meningkatkan  air  bersih baik kualitas maupun kuantitas, meningkatkan derajat ekonomi masyarakat mengingat warga Wonotirto ada yang peternak maupun wiraswasta dengan membuat tempe. Selain itu menekan biaya ekonomi masyarakat. Jika sebelumnya air PDAM belum bisa mengalir harga air sekitar 5000 liter mencapai Rp.150 .000, untuk harga satu kubik air mencapai harga Rp.30.000 meter/kubik. Sedangkan dengan menggunakan sambungan PDAM, 1 kubik seharga Rp.6500. Juga meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bahkan kekeringan yang sering terjadi di wilyah ini bisa diminimalisir.  Saat ini terdapat 2400-2500 pelanggan yang sudah tersambung. Sementara biaya dari usaha air PDAM ini sebesar 6,1 Miliar dari APBN dan 1,4 miliar dari APBD. Untuk tandon kempul berada di Desa Siraman sedangkan pipa transmisi terdapat di Desa Suruhwadang. Harapannya,  dengan keberadaan PDAM Unit Wonotirto ini pelayanan air masyarakat handal, aman dan lestari.

Menanggapi hal itu Bupati Blitar, H.Rijanto dalam sambutannya di acara Peresmian dan Tasyakuran PDAM Tirta Penataran Kabupaten Blitar Unit Wonotirto, Jum’at 18 Maret 2016, memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada PDAM Kabupaten Blitar. Harapannya , air bisa memberikan manfaat bagi pendidikan, sekolah, ekonomi yang harus digiatkan. Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga berharap, anak-anak di kawasan Blitar Selatan kelak ada yang menjadi pejabat negara. Bupati juga mengingtakan agar seluruh warga tetap giat bekerja agar visi dan misi Kabupaten Blitar Menuju Masyarakat Lebih Sejahtera, Maju dan Berdaya Saing segera bisa terealisasi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar yang didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Kepala SKPD termasuk Camat, menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya PDAM Unit Wonotirto. Selain itu Bupati Blitar bersama unsur Forpimda seperti Dandim 0808, Wakapolres Kabupaten Blitar dan perwakilan dari Yonif 511 memutar kran air bersama. Sebelumnya, mantan Wakil Bupati Blitar era Herry Noegroho ini melakukan pemotongan tumpeng pada acara peresmian PDAM Unit Wonotirto di Gedung Serbaguna UPTD Kecamatam Wonotirto.