PDAM Kabupaten Banyumas

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kabupaten Banyumas

PDAM Kabupaten Banyumas

PDAM Kabupaten Banyumas berdiri pada tahun 1974 dengan di dasari landasan hukum Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas. PP Nomor 5 Tahun 1974 tgl 30 September 1974 (Tentang Pendirian PDAM Kabupaten Banyumas) dan diperkuat oleh SK Bupati Banyumas No.25/I/2/KDH tanggal 2 Januari 1975 (Tentang Realisasi peleburan /pengalihan Dinas Saluran Air Minum menjadi PDAM).

PDAM Kabupaten Banyumas
Images by Solikin

Pada tahun 2014 PEMDA Kabupaten Banyumas mengeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 22 Tahun 2014 tgl. 22 Nopember 2014 (Tentang PDAM Tirta Satria). Dari PP tersebut PDAM Kabupaten Banyumas mempunyai tanggung jawab serta fungsi sebagai berikut

Ayat 1

PDAM TS mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan penyediaan air minum dengan kualitas, kuantitas dan kontinuitas sesuai standar pelayanan yang ditetapkan.

Ayat 2

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada Ayat 1, PDAM TS mempunyai fungsi untuk :

  • Merencanakan program kerja dan anggaran, mengurus dan mengelola administrasi keuangan, melaksanakan kegiatan tekhnik dan pemeliharaan, menyelenggarakan administrasi umum, melakukan pengawasan dan pengendalian kegiatan baik tingkat pusat maupun kantor unit cabang berdasarkan kebijakan yang telah ditetapkan Bupati dengan pertimbangan Dewan Pengawas.
  • Menyampaikan laporan berkala terhadap seluruh kegiatan termasuk perhitungan laba atau rugi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Melakukan pengurusan tata usaha PDAM TS dan membuat laporan penyelenggaraan secara transparan dan akuntabel sesuai prinsip tata kelola perusahaan yang baik.

Visi

Menjadi PDAM Profesional yang berkinerja sangat baik, memuaskan dan terus berkembang

Misi

  • Melaksanakan penyediaan air minum yang memenuhi standar pelayanan minimal bagi masyarakat Kabupaten Banyumas dengan terus meningkatkan cakupan pelayanan.
  • Melaksanakan pengelolaan perusahaan secara profesional dengan peningkatan kompetensi, kesejahteraan, dan soliditas sumber daya manusia, penerapan GCG dan teknologi tepat guna, pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, serta terus menerus meningkatkan perolehan laba.
  • Melaksanakan pelestarian sumber daya air dan lingkungan serta tanggung jawab sosial perusahaan untuk menjamin kelangsungan usaha pelayanan air minum.

Kebijakan Mutu PDAM Kabupaten Banyumas

Bertekad Menyelenggarakan Pelayanan Air Sehat & Bermutu Tinggi Berbasis Kompetensi dan Lingkungan dengan Menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang Merupakan Perwujudan Budaya Kerja yang Berorientasi kepada Proses untuk Memenuhi Kepuasan Pelanggan, Karyawan, dan Pemilik Perusahaan serta Peningkatan Mutu secara Berkesinambungan untuk menjadi Perusahaan Profesional yang Berkinerja Tinggi dengan Melibatkan seluruh Karyawan secara aktif, untuk mencapai Kemandirian Perusahaan dan Penyumbang Pendapatan Asli Daerah