Kabupaten Pidie Aceh

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kab Pidie

PDAM Kab Pidie Propinsi Aceh Sebagai Pensupplay Air Bersih

PDAM Kab Pidie dibawah naungan organisasi PDAM Tirta Krueng Meureudu didirikan dengan Qanun Kabupaten Pidie Jaya No 5 tahun 2010. Kabupaten Pidie Jaya adalah salah satu kabupaten dari Provinsi Aceh. Yaitu hasil dari pemekaran Kabupaten Pidie pada tahun 2009. Sebelumnya wilayah ini mendapat suplay air minum dari cabang PDAM Krueng Baro Kabupaten Pidie. Tahun 2010 Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya mengeluarkan Qanun (Perda) tetang pendirian Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang diberi nama Tirta Krueng Meureudu.

PDAM Kab PidieImage by Lusia

PDAM Tirta Krueng Meureudu Kab Pidie hingga saat ini sudah memiliki hampir 7 ribu pelanggan yang tersebar di 55 Desa. Tentunya jumlah ini setara dengan 20,378% pelayanan dari total jumlah penduduk yang mencapai 162.576 Jiwa. Jumlah tersebuat dilayani oleh 3 cabang, yaitu. Cabang Meureudu, Cabang Ulim dan Cabang Pante Raja.

Pada Desember tahun 2016, Kabupaten yang baru tumbuh berkembang ini tiba-tiba dihantam musibah yang sangat dahsyat. Gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala richter mengguncang kawasan itu. Ratusan bangunan dan infrastruktur hancur bahkan roboh. PDAM Tirta Kreung Meureudu ikut terkena dampak yang cukup parah. Sejumlah instalasi pengolahan air dan jaringan perpipaan hancur karenanya. Sejak saat itu pelayanan di perusahaan yang baru tumbuh itu kembali tebenam. Hampir Dua Ribu pelanggan terputus aliran air.

Dengan berbekal bantuan dari bergabai pihak PDAM kembali bangkit. Namun, untuk mengembalikan pelayanan yang baik bukan hal yang mudah. Pihak PDAM harus mulai dari awal lagi. Pasalnya, untuk mendeteksi kerusakan jaringan dibawah tanah membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Direktur PDAM Tirta Krueng Meureudu Ir. Syamsul Bahri bersama staf, karyawan(i) terus bekerja keras siang dan malam untuk memperbaiki jaringan-jaringan yang rusak.

Kerja keras para pegawai PDAM Kab Pidie membuahkan hasil yang sangat baik. Kini PDAM Kabupaten Pidie bekerjasama dengan vendor PPOB Griya Bayar Bank BTN untuk melayani pelunasan pembayaran tagihan PDAM. Kini para pelanggan air bersih PDAM Kabupaten Pidie bisa membayar tagihan dimanapun mereka berada.