PDAM Kabupaten Bogor

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Bogor

PDAM Bogor

PDAM Bogor merupakan Badan Usaha Milik Daerah dalam hal ini adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor yang bertugas mengelola air bersih. Secara hukum PDAM Kabupaten Bogor dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bogor No III DPRDPs.012III1981 tanggal 2 Maret 1981. Sebelum berdirinya PDAM Kabupaten Bogor, pada tanggal 13 Juli 1977 telah dilaksanakan pembangunan prasarana sistem penyediaan air bersih di Kota Administratif Depok. Pembangunan tersebut dilaksanakan secara bertahap oleh Departemen Pekerjaan Umum DPU. Perkerjaan tersebut dibangun melalui Proyek Peningkatan Sarana Air Bersih PPSAB Propinsi Jawa Barat.

PDAM Bogor
Images by Ani

Dqri progress tersebut hingga terbentuk Badan Pengelola Air Minum BPAM Kabupaten Bogor yang berdomisili di Kota Administratif Depok. Kemudian, pada tanggal 14 April 1983 didirikan Perusahaan Daerah Air Minum PDAM Bogor yang berkedudukan di Gunung Batu Kabupaten Bogor. Setelah itu dilaksanakan penyerahan pengelolaan prasarana dan sarana air bersih dari Departemen Pekerjaan Umum. DPU menyerahkan kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Propinsi Jawa Barat, yang selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Sejak saat itu nama Badan Pengelola Air Minum BPAM Kabupaten Bogor dialih statuskan menjadi PDAM Kabupaten Bogor.

Sumber baku PDAM Bogor

Sumber baku PDAM Bogor diambil dari mata air Ciburial yang dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan air bersih di wilayah Kota Bogor. Bukan hanya wilayah kota saja tapi juga sebagian Kabupaten Bogor, Depok dan DKI Jakarta. Secara keseluruhan wilayah pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bogor terbagi dalam 11 cabang pelayanan. Diantaranya 4 cabang pelayanan berada di wilayah Kota Depok dan 7 cabang pelayanan berada di wilayah Kabupaten Bogor yang tujuannya untuk memudahkan dalam hal pelayanan air bersih kepada masyarakat. Tiap cabang pelayanan diberi hak otonomi untuk melayani daerah di wilayah kerjanya masing – masing. Baik dalam hal pengelolaan pelayanan maupun dalam hal pemeliharaan yang nantinya dilaporkan ke kantor pusat Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bogor.

Dengan luasnya cakupan wilayah pelayanan, PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor memiliki jumlah keseluruhan pegawai sebanyak 666 orang yang terbagi dan bertugas di kantor-kantor cabang pelayanan yang berbeda-beda. Jumlah yang bertugas di setiap kantor cabang pelayanan juga berbeda tergantung kebutuhan dari setiap wilayah. Untuk wilayah pelayanan yang lebih luas tentu saja akan membutuhkan jumlah pegawai yang lebih banyak. Jumlah pegawai paling banyak tentu saja yang berada di kantor pusat PDAM tirta Kahuripan Kabupaten Bogor yang berjumlah 225 pegawai.