Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kota Magelang

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kota Magelang

PPOB Bank BTN Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Kota Magelang

KPDAM Kota Magelang melayani air minum masyarakat dengan sistem perpipaan. Komponen sistem penyediaan air minum terdiri dari unit air baku, unit produksi, unit transmisi, unit distribusi dan unit pelayanan. Didalam pelayanannya, PDAM Kota Magelang melayani wilayah kota Magelang dan wilayah kabupaten Magelang. Masyarakat Magelang bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM kota magelang pada loket-loket PPOB Bank BTN yang tersebar di seluruh nusantara.

 

Tagihan PDAM Kota Magelang
Images by Adi

Kota Magelang lahir pada zaman Hindia Belanda dengan nama Gementee Magelang. logoPembentukan Gementee Magelang bersumber pada Installing Ordonantie tanggal 1 Februari 1906, seperti yang dimaksudkan pada staatsblad tahun 1906 nomor 125 tanggal 1 Maret 1906 dan dinyatakan berlaku pada tanggal 1 April 1906. lawasMengingat air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi seluruh warga masyarakat Gamentee Magelang umumnya dan warga negara Belanda yang ada di Gementee Magelang khususnya, maka pemerintah saat itu mendirikan proyek air minum di Kota Magelang.

Berdasarkan peraturan pemerintah daerah yang dikenal sebagai “Verordening Voorde Gementelijke Drinkwater Leideng” Magelang tanggal 9 Oktober 1923/13 Desember 1923 yang diundangkan dalam Javsche Courant tanggal 11 Januari 1924 nomor 4, maka pengolahan air minum Gementee Magelang merupakan bagian dari program pemerintah setempat. Dengan beralihnya hak pemerintah Belanda ke Indonesia, maka badanMenara-Tua pengelola ini berganti nama menjadi Dinas Air Minum. Jadi kedinasan Air Minum Magelang merupakan kelanjutan dari apa yang telah dilakukan pada Zaman Hindia Belanda. Selanjutnya dengan adanya perkembangan-perkembangan pengelolaan Air Minum di Kota Magelang, maka berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 270 tahun 1978 dan diperbaharui dengan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 1989, kedinasan Air Minum Kota Magelang berubah statusnya menjadi Perusahaan Daerah Air Minum.menara-baru Kota Magelang. Sebagai Perusahaan Milik Daerah, maka Perusahaan Daerah Air Minum Daerah Tingkat II Magelang diberi wewenang untuk mengelola dan mengusahakan sumber-sumber air minum yang ada, dengan tujuan untuk meningkatkan daya guna dan daya kerja perusahaan daerah yang bergerak dibidang penyediaan air minum sebagai satu unit kegiatan ekonomi yang berfungsi untuk menyelenggarakan kemanfaatan umum.

Sumber air baku yang dimanfaatkan oleh PDAM kota Magelang seluruhnya adalah mata air. Mata air utama yang dimanfaatkan secara komersial oleh PDAM berjumlah 5 ( Lima ) sumber dengan 7 ( Tujuh ) bangunan penangkap air yang kapasitas sumber tercatat sebesar 962,61 l/detik (Data Status Desember 2009). Kapasitas produksi pada tahun 2009 menurut catatan adalah sebanyak 434,49 l/detik dan distribusinya sebanyak 431,32 l/detik.