Situbondo Jawa Timur

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Situbondo

PDAM Situbondo

PDAM Situbondo adalah perusahaan air minum di Kabupaten Situbondo yang berdiri sejak pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1936.  Sebagaimana tercantum pada menara air di Alun-alun Kota Situbondo, yang kemudian setelah Kemerdekaan Republik Indonesia. PDAM Situbondo dikelola oleh pemerintah yang berpusat di Panarukan. Selanjutnya sesuai Undang-Undang No. 12 Tahun 1950 Tentang Pembentukan Daerah Kabupaten Situbondo dalam lingkungan Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur juncto Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 1972 tentang Perubahan Nama Pemerintahan Tempat Kedudukan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, yang pada saat itu dikelola oleh Saluran Air Minum (SAM) dibawah koordinasi Pekerjaan Umum (PUK) Kabupaten Situbondo.

 

PDAM Situbondo
Images By Gentang

Pada tahun 1981 beralih pengelolaannya dari Saluran Air Minum (SAM) menjadi Badan Pengelola Air Minum (BPAM) Kabupaten Situbondo dibawah koordinasi Cipta Karya – Proyek Peningkatan Sarana Air Bersih (PPSAB), sesuai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum No. 068/KPTS/CK//1981 tanggal 27 Juni 1981.

Pada tahun 1991 terjadi perubahan status dari Badan Pengelola Air Minum (BPAM)Kabupaten Situbondo menjadi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) melalui:

  • Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 132/KPTS/1991 tanggal 21 Maret 1991 tentang penyerahan pengelolaan prasarana dan sarana air bersih.
  • Berita acara penyerahan sarana penyediaan air bersih di Propinsi Jawa Timur antara Direktur Jendral Cipta Karya Departemen Pekerjaan Umum dengan Gubernur Jawa Timur Nomor 01/BA/CK/1991 dan Nomor 690/445/023/1991 tanggal 28 Maret 1991.

Berita Acara penyerahan sarana air bersih di Kabupaten Daerah Tingkat II Situbondo antara Gubernur Jawa Timur dengan Bupati Kabupaten Daerah tingkat II Situbondo Nomor 690/447/023/1991 dan Nomor 690/801.A/437.014/1991 tanggal 28 Maret 1991.

Menambah Jam Operasional

Memasuki bulan Ramadan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM Situbondo) Tirta Baluran Situbondo menambah jam operasional distribusi air kepada pelanggan. Langkah ini ditempuh satu bulan sebelum datangnya bulan ramadan tahun 2018 ii. Ini dilakukan untuk menunjang kelancaran pendistribusian air ke pelanggan, dimana sebelumnya mengalami lonjakan setiap bulan suci ummat Islam ini tiba. Langkah lain yang dilakukan PDAM Situbondo yakni mempersiapkan sejumlah perbaikan dan service dibeberapa sentra pompa air.

PLT Direktur PDAM Situbondo, Darnawi mengatakan, pihaknya sengaja melakukan persiapan perbaikan dan penambahan jam operasional distribusi air pada bulan puasa agar ibadah ummat muslim di Kota Santri tidak mengalami kendala dan gangguan.
Darnawi menuturkan, ada sedikit kendala dalam memenuhi kebutuhan air saat jam puncak konsumsi pelanggan mulai pukul 16.00-17.00 wib datang. “Disaat jam itu semua pelanggan mengkonumsi air sehingga kebutuhan air meningkat. Solusinya kami menambah jam operasi mesin air,” aku pria yang juga menjabat Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Situbondo itu.

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • loket bayar auir di situbondo