Tirta Daroy

Melayani Pembayaran Tagihan PDAM Banda Aceh

PDAM Banda Aceh

PDAM Banda Aceh atau dengan nama Tirta Daroy, menemukan permasalahan dengan kualitas air bersih yang diterima atau menyangkut pelayanan PDAM, dapat menghubungi atau mengirim pesan singkat ke nomor handphone 081360537581 dan 08116837581 dengan menyertakan Nomor ID Pelanggan serta permasalahannya.

PDAM Banda Aceh
Images by Fath

Hal itu disampaikan Dirut PDAM Banda Aceh Tirta Daroy, Banda Aceh, T Novizal Aiyub kepada Serambi, Sabtu (4/11). Menurut Ampon Yub, sapaan akrab T Novizal Aiyub, kedua nomor itu terkoneksi langsung ke dirinya, sehingga berbagai permasalahan air yang dihadapi dan dikeluhkan warga cepat diketahui. Dengan begitu petugas cepat diutus ke lokasi untuk mendeteksi kerusakan itu.

“Kami mohon dukungan seluruh warga kota. Kalau ada permasalahan air segera sms ke nomor Hp itu. Insya Allah petugas akan ke lokasi untuk mendeteksi kerusakan tersebut,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya informasi dari pelanggan berbagai permasalahan air bersih bisa segera teratasi dan tertangani dengan cepat. “Kalau ada keluhan dan permasalahan tidak mungkin kita biarkan berlarut-larut. Insya Allah akan segera kita tangani,” janji Ampon Yub.

Kendala Yang Dihadapi

Dijelaskan, kendala yang dihadapi saat ini adalah masih belum sempurnanya jaringan distribusi air dengan kondisi Kota Banda Aceh yang sedang membangun, sehingga seringkali berdampak pada kerusakan jaringan pipa. “Hal yang dapat kami lakukan, yaitu secepat mungkin melakukan perbaikan. Karena setiap pekerjaan itu pasti berdampak dan itu tidak mungkin dihindari,” ujar Ampon Yub.

Kendala lainnya yang dihadapi adalah unit pengolahan PDAM tidak bisa mengolah air secara maksimal saat kekeruhan air baku sedang meninggi. Ketika tingkat kekeruhan air baku tinggi, pihaknya terpaksa mengorbankan kualitas air untuk tetap bisa memberikan air yang cukup kepada masyarakat.

Karena, tambahnya, saat air baku terlalu keruh, tingkat produksi berkurang atau jika tetap berproduksi pada tingkat yang sama kualitas airnya berkurang. “Kepedulian masyarakat adalah kunci dari peningkatan kualitas PDAM. Kepedulian tentunya bukan cuma dengan mengritisinya,” pinta Ampon Yub.

Wakil Ketua Komisi B DPRK Banda Aceh, Daniel Abdul Wahab, meminta Dirut PDAM Tirta Daroy komit menyelesaikan berbagai permasalahan air yang dihadapi warga kota. Daniel menyarankan agar PDAM membentuk tim reaksi cepat, yang khusus bertugas menangani setiap ada permasalahan. “Kalau istilah kami, PDAM itu bisa membentuk tim lam minet (tim yang bisa bergerak dalam hitungan menit),” sebutnya.

Terhadap penyebaran nomor Hp pengaduan ke publik yang terkoneksi langsung ke Dirut PDAM itu, Daniel menyampaikan apresiasi. Karena hal tersebut sebagai bentuk keseriusan serta respons cepat PDAM dalam mengatasi berbagai permasalahan air di Kota Banda Aceh. “Ketika nomor itu dibagi ke publik, betul-betul harus komit. Karena, kami akan ikut mengawasinya juga. Karena salah satu tugas kami di legislatif, yakni pengawasan,” ujar Daniel yang membidangi perekonomian.

Dia menjelaskan, persoalan air bersih memang persoalan di bawah tanah dan rumit. Meski demikian PDAM harus menyelesaikan secara cepat bila ada permasalahan, jangan sampai kerusakan itu terjadi berhari-hari. Maka itulah perlunya tim, sehingga dapat mendeteksi kerusakan itu cepat dengan menuju ke lokasi.