Al Ijarah Finance

Menerima Pembayaran Tagihan Cicilan Alijarah Finance

Al Ijarah Finance Perusahaan Lembaga Pembiayaan Keuangan Syariah

Al Ijarah Finance atau PT Al Ijarah adalah perusahaan keuangan syariah. Al Ijarah didirikan untuk melayani kebutuhan pembiayaan keuangan masyarakat Indonesia medote syariah. Al ijarah didirikan pada bulan Desember 2006 di Jakarta dan memulai operasionalnya pada tanggal 27 Agustus 2007.

Al Ijarah Finance
Image by Bunga Nanda

Modal awal pendirian PT Al ijarah yang disetorkan adalah sebesar Rp105 M. Modal awal tersebut ditempatkan sama rata oleh tiga lembaga keuangan terkemuka Indonesia dan Timur Tengah. Yaitu Bank Muamalat Indonesia, Bank Boubyan Kuwait, Alpha Lease and Finance Holding BSC, Kerajaan Bahrain.

Al Ijarah Finance pada mulanya didirikan untuk melayani kebutuhan pembiayaan bagi komunitas bisnis Indonesia dan Asia Tenggara. Al Ijarah Finance menawarkan pembiayaan minimal senilai Rp 2 milyar pada setiap transaksi dan jasa konsultasi keuangan. Krisis ekonomi pada tahun 2010 lalu telah mendorong Al Ijarah untuk mengubah fokus dan strategi bisnis pada pembiayaan ritel. Tujuannya untuk meningkatkan sumber pendanaan, juga untuk mengambil manfaat dari pertumbuhan sektor konsumsi. Saat ini Al Ijarah menawarkan berbagai jenis produk pembiayaan, mulai dari pembiayaan komersial untuk investasi barang modal untuk keperluan usaha seperti mesin dan alat berat maupun pembiayaan konsumtif (ritel) seperti mobil dan sepeda motor.

Semua produk pembiayaan tersebut didasarkan pada prinsip keuangan syariah dengan menggunakan skema pembiayaan Ijara Muntahia Bittamlik (Sewa dan Beli), dan Murabaha (Jual dan Beli).

Seiring dengan perkembangan sektor konsumsi dan kembalinya Indonesia pada status investment grade, Al Ijarah optimis untuk terus berpartisipasi aktif dalam perkembangan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. Untuk itu sejumlah upaya telah dan terus dilakukan guna memberikan layanan terbaik.

Jenis-Jenis Pembiayaan Al Ijarah Finance

PembiayaanRetail (Konsumen)

Pembiayaan konsumen ditujukan bagi siapa pun yang ingin memiliki kendaraan baru maupun purna pakai, dengan jangka waktu pembiayaan antara 24 (dua puluh empat) sampai dengan 60 (enam puluh) bulan.

Pembiayaan Mobil Baru

Pembiayaan mobil baru ditujukan bagi semua jenis dan merek kendaraan dengan jangka waktu pembiayaan sampai dengan 60 (enam puluh) bulan.

Pembiayaan Mobil Purna Pakai

Pembiayaan mobil purna pakai diutamakan bagi mobil – mobil keluaran Jepang dengan usia mobil maksimal 15 (lima belas) tahun saat masa pembiayaan berakhir dangan jangka waktu pembiayaan sampai dengan 48 (empat puluh delapan) bulan.

Pembiayaan Sepeda Motor

Pembiayaan sepeda motor baru diutamakan bagi sepeda motor dengan jenis dan merek yang menguasai pangsa pasar minimal 10% di seluruh Indonesia, dengan jangka waktu pembiayaan maksimal selama 48 (empat puluh delapan) bulan.

Pembiayaan Sepeda Motor Purna Pakai

Pembiayaan sepeda motor purna pakai ditujukan bagi sepeda motor dari berbagai jenis dan merek dengan usia maksimal 5 tahun saat masa pembiayaan berakhir dan dengan jangka waktu pembiayaan maksimal 24 (duapuluhempat) bulan.

Pembiayaan Multiguna

Pembiayaan Multiguna adalah pembiayaan untuk pembelian berbagai macam barang keperluan dengan jangka waktu pembiayaan maksimal 60 (enampuluh) bulan. Pembiayaan Non Retail (Komersial) :Pembiayaan UKM, Pembiayaan Dealer, Pembiayaan Armada.

PembiayaanNon Retail (Komersial)

Pembiayaan komersial diberikan kepada pelaku usaha perorangan maupun badan hukum/badan usaha seperti Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Yayasan, Perseroan Komanditer, dan Firma dengan jangka waktu pembiayaan hingga maksimal 60 (enam puluh) bulan. AL IJARAH menawarkan 3 (tiga) produk pembiayaan investasi yaitu, pembiayaan komersial, pembiayaan armada dan pembiayaan dealer.

Pembiayaan UKM

Pembiayaan UKM adalah pembiayaan untuk pengadaan barang-barang modal selain kendaraan dan alat-alat berat.

Pembiayaan Dealer

Pembiayaan dealer adalah pembiayaan bagi dealer kendaraan (mobil dan sepeda motor) untuk pengadaan persediaan dengan jaminan utama berupa asset tetap.

Pembiayaan Armada

Pembiayaan armada adalah pembiayaan untuk pengadaan kendaraan sebagai barang modal, baik sebagai alat produksi utama maupun penunjang.